Interpreter dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai juru bahasa. Juru bahasa adalah seorang yang dapat mengalihkan bahasa lisan dari suatu bahasa ke bahasa lain. Penerjemahan dilakukan secara langsung pada saat itu juga tanpa terlebih dahulu membuka kamus atau menggunakan alat bantu lainnya. Juru bahasa dibagi menjadi dua macam yakni juru bahasa konsekutif dan juru bahasa simultan.

Perbedaan Kedua Jenis Juru Bahasa

Sedangkan juru bahasa konsekutif adalah juru bahasa untuk acara seminar, meeting, pertemuan, konferensi, pelatihan dimana acara tersebut tidak menggunakan perangkat simultaneous interpreting system. Waktu kerja dari juru bahasa konsekutif umumnya 8 jam kerja/hari. Terkadang ada yang bisa bekerja solo, kadang pula ada yang harus bekerja berpasangan. Juru bahasa konsekutif biasanya berdiri di atas panggung, bersebelahan dengan pembicara.

Seorang juru bahasa konsekutif akan mengalihkan bahasa sumber dari si pembicara ke bahasa sasaran yang dibutuhkan sesaat setelah pembicara selesai berbicara. Umumnya setelah 1 atau 2 kalimat dari pembicara kemudian juru bahasa lisan akan mengalihkan kalimat tersebut ke bahasa sasaran. Sementara juru bahasa konsekutif biasa dipakai untuk acara penyuluhan, meeting internal, pelatihan cara kerja mesin dan lainnya. Juru bahasa konsekutif juga dapat disewa dalam jangka waktu panjang seperti untuk pelatihan mesin pada pabrik atau peninjauan suatu proyek hingga 15-30 hari.

Untuk bahasa simultan adalah juru bahasa untuk acara seminar, meeting, pertemuan, konferensi, pelatihan dimana acara tersebut menggunakan perangkat simultaneous interpreting system. Waktu kerja dari juru bahasa simultan adalah 8 jam kerja/hari. Terkadang ada yang bisa bekerja solo dan ada yang harus berpasangan tergantung rundown acaranya padat atau tidak dan spare waktu istirahat mencukupi atau tidak.

Rate juru bahasa tergantung pada jam terbang masing-masing juru bahasa dan lokasi acara (mempertimbangkan biaya tunggu, akomodasi dan transportasi). Juru bahasa simultan bekerja didalam booth yang kedap suara, dilengkapi dengan pendingin, meja, laptop, microphone, headset, kursi dan disediakan makan minum untuk menunjang kinerja). Juru bahasa simultan dapat bekerja dengan lebih lancar jika diberikan rundown dan garis besar materi jauh-jauh hari seperti slide presentasi, naskah2 pidato/sambutan.

 

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta
FB Fanspage    : Penerjemah Jakarta