HOW TO APPLY VISA

HOW TO APPLY VISA

APPLY VISA atau pengajuan untuk memperoleh visa merupakan satu hal yang cukup menyita tenaga, waktu dan pikiran. Untuk memperoleh visa yang diinginkan, selain harus melewati proses yang cukup panjang, syarat yang harus dipenuhi ada beraneka ragam. Adanya perbedaan kebijakan pemerintah di masing-masing negara mengenai apply visa mengakibatkan adanya perbedaan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam apply visa. Berikut adalah beberapa syarat umum yang harus anda penuhi untuk apply visa:

  1. Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku atau belum kadaluwarsa. Jika paspor yang anda bawa kadaluwarsa maka pengajuan visa anda akan ditolak oleh kedutaan. Sebaiknya jika paspor anda hampir kadaluwarsa, segera melakukan perpanjangan untuk menghindari penolakan pengajuan, penundaan, atau pengajuan ulang.
  2. Anda harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini ada 2 macam yakni formulir manual yang dapat diperoleh di kantor kedutaan dan formulir online yang dapat diperoleh di website resmi kedutaan. Formulir tersebut harus diisi dengan benar dan lengkap tanpa ada satupun yang terlewat agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Untuk formulir manual biasanya diisi dengan tulisan tangan, baiknya anda isi dengan huruf kapital agar mudah dibaca. Sementara itu untuk formulir online diisi dengan menggunakan komputer baru kemudian dicetak saat sudah lengkap.
  3. Anda harus melakukan pembayaran pendaftaran apply visa di bank yang ditunjuk oleh kedutaan. Untuk nominal biaya pendaftaran apply visa berbeda-beda tergantung kedutaan masing-masing. Tujuan dari pembayaran ini adalah sebagai biaya administratif. Anda harus menyimpan bukti pembayaran pendaftaran apply visa ini dengan baik karena biasanya dicek kembali saat wawancara
  4. Anda harus menyerahkan pas foto resmi dengan kualitas yang baik. Foto tampak depan dan tidak miring. Adapun untuk background maupun ukuran foto serta jumlah yang harus dikumpulkan berbeda-beda tergantung kedutaan, sehingga perlu anda pastikan terlebih dahulu.
  5. Anda harus menyerahkan dokumen pendukung seperti identitas pribadi dan keluarga, bukti keuangan dan surat keterangan kerja. Dokumen ini originalnya berbahasa Indonesia, dengan demikian anda perlu melakukan terjemah tersumpah terlebih dahulu kepada penerjemah tersumpah yang telah memiliki Surat Keputusan sehingga dapat dipahami oleh kedutaan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya

Untuk identitas pribadi dan keluarga yang diterjemahkan umumnya berupa KTP, akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah dan kartu keluarga. Dokumen tersebut diterjemahkan dalam rangka melengkapi profil diri. Untuk bukti keuangan yang biasa diterjemahkan meliputi buku tabungan atau slip gaji 3 bulan terakhir. Untuk surat keterangan kerja umumnya dapat diminta dari perusahaan tempat anda bekerja. Dengan surat keterangan kerja tersebut, kedutaan diyakinkan bahwa anda akan kembali ke Indonesia dan tidak menjadi warga ilegal disana.

Diatas adalah hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebelum apply visa. Jika anda sudah memenuhi 5 syarat diatas maka apply visa anda akan berjalan lebih lancar

PENERJEMAH JAKARTA
Perumahan Wahana Pondok Gede Blok T8/12A Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi
Telp/WA          : +628122712110
Link Chat WA : [https://api.whatsapp.com/send?phone=+628122712110]
Email                : penerjemahjakarta01@gmail.com
Web                   : www.penerjemahjakarta.com
Instagram        : @penerjemah_jakarta
FB Fanspage    : Penerjemah Jakarta