Kualitas terjemah personal statement sama pentingnya dengan kualitas naskah asli. Selain harus memenuhi format penulisan yang disyaratkan, personal statement juga harus disusun berdasarkan kaidah penulisan yang tepat pula.

Personal statement adalah sebuah esai yang berisi mengenai pemaparan mengapa sebuah universitas atau perusahaan harus memilih Anda. Beberapa pihak menyebutkan bahwa personal statement berfungsi untuk “mempromosikan kelebihan kita, sehingga layak untuk dipilih dan lolos dalam suatu seleksi”. Oleh karenanya, esai ini biasanya berisi paparan minat atau ketertarikan penulis yang paling relevan dengan posisi yang dilamar serta kelebihan yang dimiliki baik soft skill maupun hard skill yang mendukung minat tersebut dan dapat dibuktikan dengan beberapa pencapaian terbaik yang juga relevan.

Penggunaan personal statement dalam melamar studi, beasiswa maupun pekerjaan adalah untuk memudahkan reviewer melakukan screening pelamar yang paling unggul. Sedangkan panjang esai biasanya tidak lebih dari 4000 kata atau menyesuaikan detail sebuah persyaratan.

Sudah Ada CV, Mengapa Tetap Dibutuhkan Personal Statement?

CV/ Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup berisi daftar lengkap latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman pekerjaan, prestasi, serta skill yang dimiliki seseorang. Semua bagian dalam CV hanya berupa poin-poin, sehingga mempersulit reviewer untuk menemukan keunggulan dari seorang pelamar. Oleh karenanya personal statement dipergunakan untuk melengkapi CV. Jika dianalogikan, CV berisi spesifikasi pelamar. Sementara personal statement berisi “mengapa pelamar ini lebih unggul dari yang lain sehingga pantas untuk dipilih”.

Sebagai sebuah resume, tentu esai ini harus disusun secara jelas, ringkas, menarik dan mudah dipahami. Reviewer membaca personal statement seperti membaca resume dari diri seseorang. First impression yang dimunculkan dalam esai harus berhasil menarik reviewer agar pelamar memperoleh kesempatan berikutnya. Sebaliknya, jika tidak menarik, maka pelamar dapat langsung kehilangan kesempatan untuk melanjutkan proses seleksi.

Jika hendak dipergunakan untuk melamar studi/ beasiswa/ pekerjaan di luar negeri, personal statement harus diterjemahkan secara berkualitas. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa naskah hasil terjemah memenuhi kaidah penulisan yang tepat, menggunakan teknik pemaparan yang ringkas namun jelas, serta mudah dipahami. Oleh karenanya, naskah personal statement biasanya diterjemahkan oleh penerjemah berpengalaman dan profesional dalam bidangnya.

Penerjemah Jakarta merupakan salah satu pusat layanan penerjemah personal statement, motivation letter, application letter, CV, dan berbagai jenis esai yang dipergunakan dalam melamar studi, beasiswa dan pekerjaan. Seluruh staf penerjemah kami merupakan certified translator dengan jam terbang tinggi sehingga selalu siap memberikan kinerja terbaiknya untuk para klien kami.

Sudah banyak dokumen beasiswa yang kami kerjakan. Informasi dan pemesanan layanan terjemah esai berkualitas, pengerjaan cepat dengan harga terjangkau silakan hubungi admin kami melalui kontak terlampir.

 

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta