Motivation letter dan personal statement merupakan jenis dokumen yang berbeda namun seringkali dianggap sama. Hal ini dikarenakan sulitnya membedakan isi dari motivation letter dengan personal statement yang seringkali terlihat hampir sama. Bahkan beberapa pendapat menyatakan bahwa keduanya merupakan dokumen yang sejenis, hanya saja memiliki penamaan yang berbeda.

Perbedaan motivation letter dan personal statement

Motivation letter adalah esai yang menjelaskan mengenai motivasi penulis untuk memperoleh suatu posisi yang dilamar. Dalam motivation letter, penulis dapat menjelaskan tentang siapa penulis, rencana hidup penulis ke depan, latar belakang pendidikan dan atau pekerjaan, potensi yang dimiliki dan ingin dikembangkan, serta harapan penulis ke depannya.

Sementara personal statement adalah esai yang berisikan resume mengenai penulis termasuk prestasi dan kelebihan yang dimiliki. Personal statement bertujuan untuk meyakinkan reviewer bahwa penulis merupakan kandidat yang tepat dan layak memperoleh suatu posisi.

Penulisan esai

Penulisan esai motivation letter maupun personal statement biasanya tidak memiliki format baku. Kecuali jika instansi atau lembaga yang akan kamu lamar menyediakan ketentuan secara khusus. Jika tidak, kamu dapat melakukan improvisasi sesuai kebutuhan. Selama isi esai tersebut berisikan hal-hal yang penting untuk diketahui reviewer dan tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele.

Penyusunan personal statement sebelumnya sudah pernah diulas terpisah di artikel “Menyusun personal statement LPDP”. Artikel tersebut dapat menjadi salah satu rujukan yang memberikan gambaran step-step dalam menyusun personal statement.

Selain materi esai, tata bahasa yang digunakan dalam penulisan juga sangat penting diperhatikan. Kamu wajib menggunakan EYD dalam menulis naskah bahasa Indonesia. Jika naskah ditulis dalam bahasa Inggris, kamu juga harus memastikan bahwa esai menggunakan tata bahasa Inggris yang tepat. Jika kemampuan menulis dalam bahasa Inggris masih terbatas, kamu dapat menggunakan dua opsi berikut:

  1. Menulis naskah dalam bahasa Indonesia kemudian menggunakan jasa terjemah berkualitas
  2. Menulis naskah dalam bahasa Inggris kemudian menggunakan jasa proofreading bahasa Inggris untuk melakukan koreksi kesalahan tata bahasa dan pemilihan kata dalam naskah

Apabila kamu menulis naskah bahasa Indonesia namun belum yakin bahwa esai telah sesuai EYD, kamu juga dapat menggunakan jasa proofreading bahasa Indonesia. Baik penerjemah maupun proofreader adalah seorang profesional yang dapat membantu memastikan naskah kamu diterjemahkan/ ditulis secara baik dan benar.

Penerjemah Jakarta dapat membantu menyediakan jasa penerjemah maupun proofreader untuk naskah dalam berbagai bahasa. Sudah banyak klien kami berupa pelamar beasiswa yang kini telah menjadi awardee. Informasi dan pemesanan, silakan hubungi admin melalui kontak terlampir.

 

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta
FB Fanspage: Penerjemah Jakarta
Google business: Penerjemah Jakarta

2021-11-08T08:02:43+07:00
Go to Top