Memiliki publikasi pada jurnal terindeks Scopus tentu menjadi sebuah prestasi, terutama bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti. Jurnal terindeks Scopus merupakan salah satu jurnal internasional yang bereputasi tinggi. Kamu juga dapat menemukan jurnal internasional bereputasi tinggi lainnya melalui situs www.scimagojr.com

Nah, untuk dapat menembus jurnal terindeks Scopus maupun jurnal internasional bereputasi tinggi lainnya diperlukan sebuah artikel yang berkualitas. Berkualitas dari aspek konten maupun struktur penyusunannya. Selain berkualitas, sebuah artikel juga harus menarik.

Bagaimana menyiapkan topik jurnal internasional terindeks Scopus yang menarik reviewer?

1.Topik

Jika kamu belum memiliki data untuk diolah, atau sedang menyusun rencana penelitian untuk publikasi jurnal, kamu dapat mempertimbangkan topik penelitian yang memiliki kebaruan. Kamu dapat mencari informasi mengenai perkembangan bidang ilmu yang kamu tekuni untuk menemukan “hal menarik” yang perlu diteliti.

2.Metode Penelitian

Metode penelitian berstandar internasional dengan acuan yang jelas akan menjadi salah satu pertimbangan diterimanya sebuah jurnal. Metode penelitian harus jelas dan dipaparkan secara detail dan lengkap. Cara mudahnya adalah, posisikan dirimu sebagai orang lain yang membaca jurnalmu. Setidaknya kamu sebagai pembaca mudah menerapkan metode penelitian yang sama dengan yang dipaparkan pada artikelmu.

3.Menggunakan referensi/ rujukan pustaka yang tepat

Usahakan menggunakan rujukan pustaka yang kredibel dan terbaru. Sebagai contoh, saat menggunakan Google Scholar untuk mencari referensi penelitian, kamu dapat menggunakan filter tahun untuk melakukan pencarian.

Setelah proses pengumpulan dan analisis data selesai, tahap selanjutnya adalah penulisan artikel.

Bagaimana menyusun artikel jurnal yang tepat?

1.Format penulisan

Format penulisan dan struktur penyusunan jurnal harus sesuai guideline jurnal yang akan dituju. Masing-masing jurnal biasanya menyediakan template yang berbeda, sehingga pastikan kamu telah menggunakan template jurnal yang tepat. Biasanya tersedia pada bagian guideline for author.

2.Pemaparan

Jumlah halaman atau jumlah kata dalam sebuah artikel jurnal biasanya sudah ditentukan. Oleh karenanya, pastikan kamu menulis secara ringkas/ tidak bertele-tele. Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu kalimat sudah ditulis dengan tepat? Salah satunya, kamu bisa konfirmasi ke dirimu sendiri, apakah kalimat tersebut mengandung informasi penting atau tidak.

3. Hindari Plagiat

Data tidak selalu berupa angka, melainkan dapat juga berupa informasi. Setiap informasi yang kamu peroleh dari sumber lain, dapat kamu tambahkan sitasinya. Jika kamu memodifikasi sebuah data, kamu juga perlu mencantumkan sumber-sumbernya.

4.Gunakan gambar, grafik, tabel dan ilustrasi yang berkualitas baik

Kamu dapat menggambar atau membuatnya ulang jika diperlukan. Jangan menggunakan ilustrasi yang blur.

Poin-poin di atas merupakan beberapa hal mendasar yang perlu dipahami saat menyiapkan jurnal internasional terindeks Scopus. Diperlukan penelitian yang berkualitas untuk dapat menghasilkan sebuah jurnal yang berkualitas baik juga.

Jika kamu telah memiliki naskah publikasi namun masih belum maksimal dalam hal tata bahasa maupun penerjemahan, Penerjemah Jakarta dapat membantumu. Penerjemah Jakarta menyediakan layanan proofreading jurnal internasional maupun layanan terjemah jurnal internasional. Sudah banyak naskah jurnal internasional bereputasi tinggi yang kami kerjakan.

 

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta
FB Fanspage: Penerjemah Jakarta
Google business: Penerjemah Jakarta

2021-11-22T15:47:05+07:00
Go to Top