Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari yang disebut komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan penting manusia untuk dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Oleh karenanya belajar komunikasi sama halnya dengan mempelajari bagian penting dari kehidupan manusia.

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami (https://kbbi.web.id/komunikasi). Bentuk komunikasi tidak selalu berupa “ngobrol”. Komunikasi bentuknya sangat banyak, dapat berupa komunikasi tertulis seperti menulis berita; komunikasi visual berupa desain grafis, fotografi, maupun konten iklan visual, dan masih banyak lagi. Selama ada proses penyampaian pesan kepada pihak lain, hal tersebut dapat disebut komunikasi.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang efektif, dimana pesan yang ingin disampaikan oleh pengirim dapat diterima dengan baik dan benar oleh target penerima. Masing-masing bentuk komunikasi memiliki pendekatan dan ilmunya agar tercapai komunikasi yang efektif. Nah, ilmu komunikasi akan mempelajari bagaimana membangun komunikasi yang efektif melalui berbagai jenis atau pendekatan komunikasi.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam Ilmu Komunikasi seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Teknologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Public Speaking, Komunikasi Grafis, Pengantar Ilmu Jurnalistik, Fotografi, Metode Penelitian Komunikasi, dsb. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa buka kurikulum kampus yang kamu minati ya.

Kesempatan Karir dan Pekerjaan

Lulusan S-1 Ilmu Komunikasi atau Sarjana Ilmu Komunikasi akan memperoleh gelar akademik S.I.Kom. Prospek karir dan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi sangatlah luas. Hampir semua industri membutuhkan SDM dengan kemampuan komunikasi yang baik, salah satunya bagian Public Relation sebuah perusahaan.

Kamu juga dapat bekerja pada bidang jurnalisme, seperti menjadi jurnalis, wartawan, maupun pembaca berita. Jika kamu tertarik pada industri pemasaran, lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat dibutuhkan oleh agensi iklan/ pemasaran. Saat ini sangat banyak lulusan Ilmu Komunikasi yang bekerja di bidang marketing, advertising, dan broadcasting. Pekerjaan yang di-handle pun sangat beragam, yaitu konten advertising/ marketing planner, content creator, dan masih banyak lagi.

Bagaimana kesempatan kerja di instansi pemerintah?

Prospek bekerja di instansi pemerintah juga terbuka lebar bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Kamu tidak hanya berkesempatan bergabung di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Diskominfo daerah, kamu juga dapat bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang membutuhkan kualifikasi S.I.Kom. Formasi-formasi tersebut biasanya membutuhkan kompetensi komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan dengan pihak lain di luar instansi.

Nah, sangat menarik bukan kuliah di Ilmu Komunikasi? Kamu bisa memilih pekerjaan sesuai dengan minatmu, apakah memilih pekerjaan yang dapat berinteraksi langsung dengan pihak lain atau lebih memilih pekerjaan di belakang layar, semuanya tersedia.

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta
FB Fanspage: Penerjemah Jakarta
Google business: Penerjemah Jakarta

2022-12-28T16:57:24+07:00
Go to Top