Publikasi ilmiah adalah salah satu hal penting di bidang akademik. Beberapa universitas mensyaratkan publikasi ilmiah dengan sebagai kriteria kelulusan. Kenaikan pangkat untuk PNS dan non-PNS juga membutuhkan persyaratan publikasi ilmiah. Dosen terakreditasi pun tidak lepas dari kewajiban untuk publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah tersebut diterbitkan dalam bentuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Berikut ini merupakan jenis akreditasi jurnal nasional dan internasional.

Jurnal terakreditasi nasional

Jurnal nasional dikategorikan menjadi jurnal nasional dan jurnal nasional terakreditasi. Jurnal nasional terakreditasi lebih terjamin kualitasnya dari segi substansi artikel dan pengelolaan jurnal dari pada yang tidak terakreditasi.

Kemdikbudristek memiliki basis data jurnal terakreditasi yaitu SINTA. Jurnal yang terakreditasi oleh ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dikategorikan berdasarkan perolehan skor akreditasi menjadi SINTA 1 (peringkat akreditasi tertinggi) sampai SINTA 6 (peringkat akreditasi terendah). Saat ini ada 7140 jurnal nasional yang terdaftar dalam basis data SINTA. Kamu bisa mengunjungi web resmi SINTA (https://sinta.kemdikbud.go.id ) untuk mengecek peringkat akreditasi dari suatu jurnal.

Jurnal terakreditasi internasional

Jurnal internasional juga dibagi menjadi dua kategori yaitu jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi. Jurnal internasional yang diakui adalah jurnal yang terindeks dalam basis data internasional bereputasi, contohnya: Scopus dan WoS (Web of Science).

Berdasarkan Dirjen DIkti, kriteria jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi dibedakan dari nilai jurnal tersebut pada basis data jurnal bereputasi. Misalnya pada basis data Scopus, jurnal internasional bereputasi paling sedikit memiliki skor SJR (Scientific Journal Ranking) 0.15 atau Q3. Sementara pada WoS, jurnal internasional bereputasi minimal memiliki skor JIF (Journal Impact Factor) 0.05. Jurnal yang terindeks basis data bereputasi namun tidak memenuhi skor tersebut hanya dapat diakui sebagai sebagai jurnal internasional.

Predatory Journal

Jurnal nasional maupun internasional ada juga yang statusnya diragukan (predatory journal) atau tidak terindeks basis data jurnal. Sebaiknya hindari untuk mengirim jurnal pada jurnal nasional maupun internasional yang statusnya masih diragukan. Karena jurnal yang statusnya diragukan tidak terjamin kualitasnya sehingga artikel Anda akan sulit ditemukan dan kecil kemungkinan untuk dimanfaatkan orang lain. Selain itu, mengirim artikel pada jurnal yang statusnya diragukan rawan ancaman penipuan dan penyalahgunaan hak cipta.

 

Penerjemah Jakarta

PT. Inspirasi Citra Multi Jasa
Per. Wahana Pondok Gede T8 No. 12A Bekasi
Phone: 021-28678486
WhatsApp: 08122712110
Email: cs@penerjemahjakarta.com
Website: penerjemahjakarta.com
IG: @penerjemah_jakarta
FB Fanspage: Penerjemah Jakarta
Google business: Penerjemah Jakarta